Cara barukah ini ?!

Siang ini aku dikagetkan dengan kedatangan seorang perempuan di kantorku yang ternyata semua orang tidak mengenalnya.

Dapat info dari teman, kalo ibu ini meminta belas kasihan karena ia kurang mampu. Anaknya masih sekolah tapi belum bayar uang sekolah dan buku buku pelajaran …. dan akupun terenyuh. Tetapi setelah temanku yang lain bercerita tentang dia, rasa kasihan dan ingin membantuku pun hilang.

Ternyata Ibu ini datang ke kantor kami tidak untuk yang pertama kalinya. Ini sudah yang kedua kalinya.

Awal kedatangannya setaun yang lalu, datang ke kantor kami dengan membawa seabreg lukisan. Dan mulailah dia bercerita. Dia “terpaksa” berjualan lukisan keliling karena tidak mampu membayar uang sekolah anak-anaknya. sampai saat ini (waktu dia datang taun lalu) buku buku sekolah anaknya belum terbayar.

“Tidak punya uang” , begitu jawabnya lugas

dan mulailah dia bercerita tentang hal yang semakin menyedihkan dan membuat teman teman dikantorku terenyuh. Karena tidak ingin membeli lukisan (secara di kantor sudah ada lukisan), maka temanku yang bekerja sebagai akunting memberikan uang 30rebu rupiah untuk ongkos dia kembali ke rumahnya. Entah dimana rumahnya aku nggak tahu. Intinya … nggak jelas. Setelah mengucapkan terima kasih, Ibu inipun berlalu meninggalkan kantor kami. Dan tanpa dinyana tanpa diduga, salah satu temanku melihat ibu ini masuk ke dalam sebuah mobil SEDAN waaaaaaa gilaaaaaaa berjualan lukisan karna nggak punya uang tapi beroperasi dengan menggunakan boil sedan *gedubrak*

Dan hari ini, Ibu yang sama tetapi tanpa lukisan datang kembali ke kantor kami. Coba tebak apa yang dibawanya ? Ibu ini membawa semua surat surat sekolah anaknya. Surat surat biaya sekolah anaknya, dari mulai uang gedung sampai dengan biaya buku pelajaran disana. Dan dengan gaya bercerita yang sungguh sangat meyakinkan berhasil membuat salah seorang temanku (lagi) terenyuh. Temanku ini nggak tega, karena waktu Ibu itu cerita dia lagi makan. Ya iyalah siapa juga tega ngeliat Ibu dengan pakaian lusuh plus membawa surat biaya sekolah anaknya dan bercerita dengan wajah yang sangat sedih. Aku pun tak tega kalo melihatnya. Akhirnya temanku meberikan uang 10rebu rupiah untuk bekal Ibu itu. Dan kemudian ibu itupun berlalu.

*sigh*

apa ini cara baru untuk meminta minta ?

12 Comments

  1. arylangga said,

    August 23, 2008 at 7:25 am

    Salam kenal ya..pengen sharing nih..klo perusahaan anda butuh kegiatan team building..saya bisa membantu..ato kalo ada contac person perusahaan yang dapat saya hubungi tentang hal tersebut..thanks..ya atas bantuannya…

  2. August 24, 2008 at 3:01 am

    Hummm, jadi ingat kata pepatah, jaman gini cari uang haram saja susah, apalagi uang halal ?. Dari cerita diatas, sepertinya mudah sekali cari uang halal dengan cara haram hehehehe.

  3. Didi said,

    August 24, 2008 at 4:16 am

    :((
    Aku juga kena, meski cuma 20rebu kalo ketepu tetap aja kesel.
    Ceritanya sama persis dengan ini, wanita bawa lukisan, lengkap dengan berita di koran ttg sosok seorang pelukis di Ubud, dia juga menjadi bagian dari perkumpulan seniwati Ubud.
    Nah konon katanya, suaminya dah cerai, anaknya ngikut sama dia, gak bisa bayar SPP.
    Aku sempat interogasi sekitar setengah jam, karena sebelumnya aku gak yakin.
    Pas diiterogasi itu dia keluarkan beberapa potongan artikel yang ada foto dirinya. Trus ada juga artikel tetang seniwati ubud.
    KESELLLLLL GW KETEPU

  4. agunk said,

    August 25, 2008 at 12:09 am

    wah…
    keren..
    minta2 pke sedan…
    emang beneran baru tk dnger….

  5. ick said,

    August 25, 2008 at 12:14 am

    😯 wah gila… makin ekstrem aja cara2 orang buat nipu… besok2 kalau dia datang lagi siapin trantib mbok😆

  6. Arie said,

    August 25, 2008 at 4:13 am

    # Ary : okeh baiklah nanti kalo ada dihubungi .. lam kenal juga

    # Mas Hendra : Hmmmm sepertinya begitu Mas

    # Bli Didi : kyaaaaa kena juga yah ?! pengalaman Bli next kudu hati hati dan waspadalah waspadalah😀

    # Agunk : keren mobilnya .. tapi nggak sepadan ama tindakannya🙂

    # Ick : pastinya Bli Ayick .. tak siapkan sapu juga *nyuruh nyapu dikantor* hihihihi

  7. Artha said,

    August 25, 2008 at 5:43 am

    iklaskan aja, toh entar dapet balesan yang lebih dari itu

  8. Arie said,

    August 26, 2008 at 3:38 am

    Bli Artha : Yup .. amin🙂

  9. Sieputra said,

    August 27, 2008 at 4:21 am

    Salam Kenal ..
    Jaman Sekarang memang banyak yang model model kayak gitu
    Sabar sabar aja – Siapa tau masuk realiti tv show :))
    Kan lumayan – He he :))

  10. Arie said,

    August 27, 2008 at 6:54 am

    Sieput : hahahahahaha …. tv mana yah ? *pencet pencet remote*

  11. ghozan said,

    September 2, 2008 at 2:07 pm

    wah semakin canggih saja ya penipuan zaman sekarang. gak nyalahin juga kalo banyak orang yang menjadi seperti tidak peduli pada sesama, mereka takut kena tipu sih…

  12. Arie said,

    September 4, 2008 at 10:09 am

    # Bli Agus : Yup … jadinya nggak enak banget mau berderma mesti mikir mikir dulu😦


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: