Tajog/Enggrang

Jaman dulu, kita sering melihat anak-anak dan orang dewasa bermain tajog. Dalam setiap perayaan tujuh belasan pun permainan yang tergolong masih tradisional ini sering dilombakan.

Sekarang ini udah jarang sekali anak anak dan orang dewasa memainkan tajog ini. entah apa alasannya, permainan tradisional ini (seakan-akan) mulai ditinggalkan.

SEKILAS INFO

Tajog adalah sepasang bambu yang difungsikan sebagai kaki, sehingga orang yang menggunakannya kelihatan jangkung dan langkanya panjang..

Cara pembuatannya pun tidak susah susah amat (menurut orang yang pernah membuatnya)😀

Siapkan dua batang bambu yang panjangnya sama. Kemudian sesuaikan dengan ukuran. Kalo anak anak biasanya panjangnya sekitar 1,65M dan untuk orang dewasa sekitar 1,85M – ini berdasarkan itungan mengira ngira😀. Pada Bagian bawah dipasang kayu pipih berbentuk siku siku sebagai tempat pijakan. Agar pijakan terasa nyaman, sesuaikanlah ukuran kayu dengan ukuran telapak kaki.

Permainan Tajog ini termasuk permainan yang gampang gampang susah. Gampang sewaktu melihat dan susah sewaktu mempraktikannya😀

Keseimbangan badan sangat diperlukan pada saat melakukan permainan ini, kalo tidak bisa menyeimbangkan badan maka berjatuhanlah kita nanti.

Dulu, sewaktu masih menggunakan seragam putih merah saya pernah mencoba permainan ini. Belajar seharian,  baru bisa jalan beberapa langkah .. eh langsung nyungsep di halaman hahahahaha … keseimbangan belum stabil .. tapi lama lama bisa juga, dan sumpah ni permainan seru banget. apalagi kalo sudah mahir, dipake lari larian weeee keren habis.

*Teringat anak kecil yang bermain tajog sambil membawa canang sore kemarin*

26 Comments

  1. ario saja said,

    June 25, 2008 at 8:49 am

    sekarang udah gak ada yang buat dan gak ada yang mainin lagi yah…

  2. okanegara said,

    June 25, 2008 at 12:09 pm

    wah, kalau saya yang naikin tajog, pasti langsung pungkat.tapi dulu pernah nyobain kok waktu kecil.asik saja.

  3. wira said,

    June 27, 2008 at 1:33 am

    wah, kalau ngomongin permainan tradisional jaman saya kecil dan sekarang udah jauh beda, main perang2an, petak umpet, matembing, dll banyak sekali yg sudah ilang..

  4. Arie said,

    June 27, 2008 at 1:53 am

    # Kang Aryo : iyo kang sekarang udah jarang banget, kapan hari itu aja tiba tiba nemu anak ekcil mainan tajog sendirian sambil abwain cannag buat ibunya … jadi inget jaman dulu😀

    # Dokter OKa : emang asyik dok mainin ini, saya juga kalo sekarang disuruh mah jatuh nyungsep terus paling😀

    # Wira : Iya ni Wir … sekarang permainan tradisional yang sering dilakukan waktu kita kecil udah nggak ada lagi *ngenes noq*

  5. widari said,

    June 27, 2008 at 4:07 am

    wah…dulu bapakku, pernah bikin even sepakbola, tapi pake acara naik tajog…
    kayaknya seru tuh…kalo BBC bikin acara kayak gitu…😛

  6. ick said,

    June 27, 2008 at 6:58 am

    jadi inget piagam di rumah, pas jadi juara satu lari tajog se sltp dulu….
    tajog emang is the best…

  7. budarsa said,

    June 27, 2008 at 6:58 am

    wah waktu esempe saya paling jago main ginian..😕

  8. Arie said,

    June 27, 2008 at 7:09 am

    # Ikke : nah itu ada ide tuh buat kopdar besok pan dirimu jadi pelaksananya ?! hahahahahaha😀

    # Ick : ciehh yang jawaraaaa .. skrg masih bisa Omm ??? *ajarin dunk*

    # Bli Budarsa : nah ni dia ada jagoannya … ada yang minta diajarin Bli boleh tidak ?😀

  9. anton said,

    June 30, 2008 at 3:36 am

    artikelnya cocok buat diajarkan ke naknik. jd kpn bagi2 ilmu di sana?

    serius neh..

  10. Arie said,

    June 30, 2008 at 9:23 am

    Bapak’e Bani sing sabar yooo … mau bagi ilmu apa bingung, soale nggak ada ilmuku yang bagus buat dibagi😀

  11. ekads said,

    June 30, 2008 at 11:42 am

    wah tiyang sing bisa main tajog puk… ade ne nyak ngjahin sing?

  12. d2 said,

    July 2, 2008 at 3:13 am

    Arie ini emang semakin cocok untuk hal yang sifatnya adventure, pasti seru abis laporan postingannya kalo nyangkut tentang yang berkaitan dengan adrenalin, termasuk tajog ini……….apa mungkin sekarang arie mau coba berangkat kerja pake tajog??

  13. Arie said,

    July 2, 2008 at 4:10 am

    # Ekads : Lah tuh kan ada suhunya Om Ick .. kenken bli ary😀

    # Pan Dede : hahahahaha Bapak satu ini bisa saja😀

  14. ick said,

    July 2, 2008 at 7:08 am

    mbok arie pake tajog?

  15. ick said,

    July 2, 2008 at 7:09 am

    apa kata dunia…

  16. July 4, 2008 at 11:13 am

    yoiii…agustusan lomba tajog aja😀

  17. Arie said,

    July 7, 2008 at 2:01 am

    # Ick : hahahahaha APA KATA DUNIA ?!!!

    # Novan : Dirimu jadi panitia dan guru tajognya😀

  18. aRya said,

    July 7, 2008 at 6:07 am

    waduh dari dulu jg saya nyoba
    kagak bisa2
    jato mulu
    hiks…………

  19. anton said,

    July 8, 2008 at 3:23 am

    ojo ngeles terus. ndang ke subak dalem. ajarin anak2 di sana bikin egrang. :p

  20. Arie said,

    July 8, 2008 at 3:26 am

    # Bli Arya : hiks sama dong saya juga nyungsep nyungsep tuh belajarnya … dulu tapi , sekarang sama sekali nggak bisa hahahahahaha

    # Pan Bani : aduhhh koq ngeles sih, kalo buat enggrang nggak bisa, tapi kalo mau nyoba rame rame ayoooo .. tapi kapan yah ?! *liat jadwal kerja*

  21. mohammad said,

    July 8, 2008 at 5:31 am

    enggrang di eropa biasanya dipake sama pemain badut professional pada acara karnival atau perayaan massal. Si badut pake celana panjang sepanjang enggrangnya, keren…

  22. imcw said,

    July 8, 2008 at 2:32 pm

    Kira kira saya mampu nggak ya? Belum pernah coba.

  23. mare said,

    July 9, 2008 at 9:07 am

    inget dulu sering dilombakan di desa
    *great times *

  24. aze--- said,

    July 9, 2008 at 12:34 pm

    salam kenal aja deh……

    komen balik yah…..

  25. Arie said,

    July 16, 2008 at 3:43 am

    # Mohammad : Iya ni Om keren .. disini juga kadang kadang ada tuh yang pake enggrang sepanjang bajunya ..pas event event tertentu saja ..sumpeh dech keren abis😀

    # Pak Dokter : dicoba dulu dong .. baru bisa😀

    # Mare : inget masa lalu emang paling menyenangkan

    # Aze : iya dech lam kenal juga😀

  26. Wendy Perdana said,

    February 13, 2012 at 1:05 pm

    Kalau tajog udah di kalahin ama game buatan luar negri.
    Jarang ada yg mainin permainan ini lagi.

    Menurut pengalaman saya,kalo anak muda di suruh maen tajog pasti gak mau,alasan nya malu ama temen temen yg laen.Di bilang kuno lah

    Jaman uwedan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: