Fogging = Kurang Efektif

Trend yang sering terjadi begitu penyakit Demam Berdarah menyebar kemana mana dan menyebabkan kematian adalah Fogging (penyemprotan). Yup, setelah hal yang terburuk menimpa, barulah beramai ramai dan secara rutin fogging dilakukan diberbagai tempat.

Seperti yang saya alami hari Jumat pagi, tiba tiba saja suara mesin fogging menderu deru kek gergaji mesin *kayakanya beda dech* mendekati areal rumah. Kirain nggak masuk gang rumah eh ternyata tanpa permisi dan basa basi tuh petugas maen semprot aja, padahal waktu menunjukkan pukul 6.00 am, dan nih mata baru aja bisa merem karena batuk yang bikin gatel tenggorokan mulai bisa diatasi. *ughhhh sebel*

Yah akhirnya saya bangun juga, karena asap sudah mulai memenuhi ruangan di dalam rumah dan saya sudah tidak bisa melihat dengan jelas. Dengan wajah ditutupi pake selimut, saya berlari mencari tempat aman. Akhirnya selang 10 menit rumah aman dari teror Asap. Jujur saya nggak kuat sama bau asapnya dan suerrrrr batuk saya pun semakin menggila sesudahnya😦.

Tapiiiiii …. kenapa yah setelah Fogging, saya tidak melihat mayat mayat nyamuk bergelimpangan ??????

nyamuk-db.jpg

Apa pestisida yang digunakan kurang yahud OR para nyamuk udah pakai baju baja buat antipasi fogging ini ?! Padahal kalo hari hari biasa disemprot pake obat nyamuk semprot ada aja tuh Mayat Nyamuk yang bergelimpangan. Lah ini koq nggak onok sama sekali😦. Dan jujur lagi nech, setelah fogging di pagi harinya, malam harinya tetep aja tidur diiringi musik khas yang dimainkan oleh para nyamuk yang bertandang ke rumah😦. Kalo nyamuk biasa aja sih masih no problemo, kalo nyamuk Aedes Aegepty yang bawa penyakit Demam Berdarah juga berkeliaran kan bisa berabe. Kena DeBe, masuk ErEs, nginep 2 minggu, kena inpus, sedia pocari berkaleng kaleng wah wah wah bisa bankrut nech *cape’ dech*

Ternyata, Fogging tidak efektif untuk memberantas Nyamuk. Fogging yang dilakukan hanya mampu membunuh nyamuk dewasa aja, jadi kalo yang dewasa alias sudah waktunya untuk almarhum. Sedangkan, telur dan jentik nyamuk masih aman aman saja, karena fogging tidak dapat membunuhnya.

Maka daripada itu, kita jangan hanya mengandalkan fogging saja untuk menghindari DB, kita juga harus rajin membersihkan rumah dari kaleng-kaleng bekas atau apapun itu (yang bekas) yang bisa dijadikan sarang nyamuk. Selokan yang ada di dalam rumah dan di luar rumah juga harus rajin rajin dibersihkan. Kamar Mandi jangan dilupakan juga, ini bisa jadi sarang nyamuk yang empuk untuk memperbanyak komunitasnya😀.

Setiap hari kalo bisa, pakai obat nyamuk oles kek soffel atau Autan (ini bukan promosi hihihihi), bair terlindung dari kegatalan si nyamuk yang suka menggigit tanpa permisi.

Dapat sedikit info curian, selain melakukan 3M dan Fogging, juga bisa dilakukan Abatisasi, yang katanya bisa membasmi dari mulai telur sampai nyamuk dewasa. Kalo semua ini sudah dilaksanakan secara rutin yah minimal seminggu sekali dech, maka Demam Berdarah dapat dicegah dan diatasi.

Demikian sekilas Info, kita lanjutkan acara berikutnya hehehehehehe😀

11 Comments

  1. pande said,

    March 22, 2008 at 4:43 am

    Tapi katanya Nyamuk sini cuman takut Tiga Roda. hehe…
    Nyamuk gak suka lagi ditempat lembab, tapi udah berkembang mantengin tempat2 bersih, mungkin tingkat intelegensianya udah nambah berkat fogging..
    jadi seperti saran seorang rekan, gak usah dibersihin deh rumahna… huahaha…

  2. arydwantara said,

    March 22, 2008 at 5:29 am

    nyamuk…nyamuk…membuat badanku ndak bisa gemuk……
    kalo fogging ndak bisa membunuh nyamuk gimana lagi donk caranya?

    btw, salam kenal yah…
    keep blogging

    ick.

  3. imsuryawan said,

    March 22, 2008 at 5:33 am

    Fogging = Kurang Efektif <– Betul sekali!!!

  4. Arie said,

    March 22, 2008 at 5:40 am

    # Pak Pande : wah Pak ide bagus nech, mulai dari sekarang ahhhhhhh hahahahahaha

    # Arydwantara : Wahh makasi yah atas kunjungan perdananya. BTW sitena koq masih kosong *garuk garuk kepala*

    # Bli Suryawan : wahh pengalaman juga yah ?!😀

  5. Ady Gondronk said,

    March 22, 2008 at 8:54 am

    “Kena DeBe, masuk ErEs, nginep 2 minggu, kena inpus, sedia pocari berkaleng kaleng wah wah wah bisa bankrut nech *cape’ dech*”

    persis seperti yang pernah saya alami mbok..

  6. Arie said,

    March 24, 2008 at 1:05 am

    Ups … pasti nyebelin banget yah😦

  7. March 29, 2008 at 5:52 am

    kalopun nyamuk sembuh dari fogging pasti dikasi obat nyamuk dech😀

  8. ahmad syarif said,

    May 4, 2010 at 3:00 am

    satu lg mbok…ptugas pake sepatu belok(bny tanah krn Becek) nyelonong ke dlm rumah….Bny lhoh orang jd pengusaha kaya gara2 nyamuk….

  9. Joan said,

    September 20, 2010 at 1:01 am

    beli mini gas fogger aja sendiri di rumah …………..

    selain buat basmi nyamuk juga bisa untuk nyemprot parfum ke body kite he he he ……………

  10. yudith said,

    November 26, 2012 at 9:03 am

    kami melayani jasa fogging yang ramah lingkungan,tidak pakai solar, tidak berbau, dan tidak licin di lantai.., efektifitas dijamin 90% nyamuk dan serangga lain mat karena menggunakan pestisida yang sudah berstandar dunia (WHO)
    Silahkan kunjungi sius kami di http://www.greenfog.org atau untuk bertanya2 jangan ragu hubungi kami di 021 8770 6233
    Tx

  11. September 17, 2014 at 4:44 pm

    mantap infonya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: