Mengenal Konsep Diri

konsep diri berpengaruh terhadap munculnya problem yang kita alami sehari hari.

Konsep Diri itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang terhadap dirinya.

Seperti halnya “baik dan buruk”, konsep diri juga dibagi menjadi Konsep Diri Negatif dan Konsep Diri Positif.

Orang yang memiliki konsep diri negatif cenderung bersikap pesimistis terhadap segala sesuatu hal yang dihadapi. Melihat tantangan bukan sebagai suatu kesempatan melainkan menganggap tantangan itu suatu halangan baginya untuk melangkah kedepan. Konsep Diri seperti ini membuat orang menyerah sebelum berperang. Dan apabila ada kegagalan,maka akan ada pihak pihak yang disalahkan, entah itu menyalahkan orang lain atau menyalahkan dirinya sendiri.

Sebaliknya seseorang dengan konsep diri yang positif akan terlihat lebih optimis, penuh percaya diri dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang dialaminya. Kegagalan bukan dipandang sebagai kematian, namun lebih menjadikannya sebagai penemuan dan pelajaran berharga untuk melangkah ke depan. Orang dengan konsep diri yang positif akan mampu menghargai dirinya dan melihat hal-hal yang positif yang dapat dilakukan demi keberhasilan di masa yang akan datang.

Mau memiliki Konsep Diri Positif ??? coba dech hal hal yang disebutkan dibawah ini :

Bersikap obyektif dalam mengenali diri sendiri

Jangan abaikan pengalaman positif atau pun keberhasilan sekecil apapun yang pernah dicapai. Lihatlah talenta, bakat dan potensi diri dan carilah cara dan kesempatan untuk mengembangkannya. Janganlah terlalu berharap bahwa Anda dapat membahagiakan semua orang atau melakukan segala sesuatu sekaligus. You can’t be all things to all people, you can’t do all things at once, you just do the best you could in every way….

Hargailah diri sendiri

Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri kita selain diri sendiri. Jikalau kita tidak bisa menghargai diri sendiri, tidak dapat melihat kebaikan yang ada pada diri sendiri, tidak mampu memandang hal-hal baik dan positif terhadap diri, bagaimana kita bisa menghargai orang lain dan melihat hal-hal baik yang ada dalam diri orang lain secara positif? Jika kita tidak bisa menghargai orang lain, bagaimana orang lain bisa menghargai diri kita ?

Jangan memusuhi diri sendiri

Peperangan terbesar dan paling melelahkan adalah peperangan yang terjadi dalam diri sendiri. Sikap menyalahkan diri sendiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa ada permusuhan dan peperangan antara harapan ideal dengan kenyataan diri sejati (real self). Akibatnya, akan timbul kelelahan mental dan rasa frustrasi yang dalam serta makin lemah dan negatif konsep dirinya.

Berpikir positif dan rasional

We are what we think. All that we are arises with our thoughts. With our thoughts, we make the world (The Buddha). Jadi, semua itu banyak tergantung pada cara kita memandang segala sesuatu, baik itu persoalan maupun terhadap seseorang. Jadi, kendalikan pikiran kita jika pikiran itu mulai menyesatkan jiwa dan raga.

Sumbernya dari situs psikologi😀

5 Comments

  1. eka said,

    January 28, 2008 at 1:27 pm

    wah,ini kunjungan perdana saya ke blogny mbo arie….
    mampi ke blog saya ya….

  2. Arie said,

    February 4, 2008 at 2:03 am

    hehehehe makasi eka udah mampir😀

  3. serina natalia said,

    February 26, 2008 at 9:07 am

    ya memang benar.. kita perlu menghargai diri kita sendiri, sayang diri kita, barulah kita bisa menghargai dan menyayangi orang lain ya. Selamat mencuba. Assalammualaikom

  4. Arie said,

    February 26, 2008 at 9:14 am

    selamat mencoba juga Serina .. salam kenal dan Thanks for visiting my site🙂

  5. habibie said,

    June 23, 2010 at 12:30 pm

    apa yang membuat diri kita bisa jatuh? mohon penjelasan semua, makasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: