Before ‘n After Nyepi Day

17 Mar ’07 (Before Nyepi)

Seperti biasa jam 9 pagi ke Kantor buat kerja (half day working) pulan jam 1 siang, ampe di rumah beresin rumah, nyuci baju dan teman-temannya dan mempersiapkan diri untuk Singaraja Trip. Niatnya ke Singaraja jam 3 sore gitu dech berhubung si Adek ada kegiatan di Kantornya (odalan) so diundur until jam 9 malam.

Awal perjalanan udara biasa biasa saja, sampai akhirnya memasuki daerah Perean sampai dengan Pancasari udara sangat sangat dingin… tanganku beku, hidung udah melar meler terus bersyukur saat itu tidak turun kabut dan hujan (karena biasanya malam malam didaerah sana Kabutnya tuebelll buangetttttt jarak pandang sekitar 1 – 2 meter saja ).

Tiba di Singaraja sekitar pukul 10.50 malam, beli sedikit oleh oleh nasi kuning, bakso dan es buah di pasar senggol dekat rumah. Sampai dirumah bersihin badan alias mandi trus makan dan ngobrol sambil nonton Tipi sampai jam 12 malam. My eyes sudah tidak tahan lagi sudah 5 watt kurang banyak so Me segera memejamkan mata dan tertidur pulas las las las ……..

18 Mar ’07 (H-1)

Hari Pengrupukan

Masyarakat hindu di Bali melaksanakan Tawur agung di perempatan besar dengan tujuan untuk menyeimbakan bhuwana agung dan Bhuwana alit. Ada juga yang tangkil ke Pura Desa setempat untuk “nunas” Tirta Suci yang nantinya digunakan pada saat melaksanakan mecaru alit di rumah masing masing.

Me sendiri (masih di Singaraja) tinggal dirumah dan bercengkrama bersama keluarga. Yang tangkil ke Pura Desa my sister. Banten dan Upakara yang lainnya sudah disiapkan pagi harinya untuk acara disore harinya. Banten caru, Daun kelapa yang sudah kering dan canang sudah disiapkan semua. But Me tidak mengikuti prosesi ini cos Me back to Denpasar jam 3 sore  (Acara jam 5 sore).

On the way to Denpasar, banyak sekali ogoh ogoh yang di pajang di pinggir jalan untuk di arak setelah acara pecaruan selesai. Unfortunately, kamera tertinggal di denpasar so  ogoh ogoh yang ada di setiap desa on the way to denpasar tidak ada dokumentasinya😦

Berhubung jalanan tidak macet seperti yang di khawatirkan Me tiba di Denpasar tepat jam 5 sore, mampir ke rumah kakak sebentar (ngasi titipan dari Ibu) trus back home.Di rumah sudah menunggu 2 keponakanku, kakakku dan iparku juga sepupuku. Kita mau nonton Ogoh Ogoh festival di Puputan (pusat kota). Karena keterbatasan alat transportasi kita berangkat berlima saja (Me, Adek, My ponakan n My Brother). sampai disana ternyata acara sudah berjalan. Kita berlarian menuju lokasi yang terdekat agar tidak ketinggalan acara.

Banyak orang berkumpul disana, berdesakan dan saling mendahului untuk mendapatkan tempat yang strategis untuk menonton acara ini. Finally Me and the others dapat tempat yang lumayan bagus (didepan dan sangat lapang). Ogoh ogohnya bagus bagus, dari yang ukurannya kecil sampai yang besar. kita juga dapat pict-nya. kedua ponakanku senang sekali, karena mereka sudah menantikan ini dari dua hari sebelumnya. belum selesai Acara kita sudah balik ke rumah karena hari sudah malam, besok kita mesti bangun pagi pagi untuk persiapan di Hari raya Nyepi.

19 Mar ’07 (NYEPI DAY)

SELAMAT HARI RAYA NYEPI  Tahun Saka 1929 bagi Umat yang merayakan.

Benar benar sepi … pintu pagar terkunci (sengaja). My lemari es sudah penuh dengan persediaan (Susu Coklat, Buah-buahan, 2 Bungkus Tango, Crispy, Chitato, Cheetos, Tic Tac, Kacang Turbo, Agar-agar, Fanta, Coca Cola, Es Batu, Telur,Orzon Orange, dan Klepon), karena ada keponakan jadi banyak ada cemilannya.

Kegiatan yang dilakukan :

Pagi hari …. buat jajan klepon, sarapan, main UNO, buat kerja tangan (lidi diisi Mute), Nyuci Baju dan teman-temannya, Mandi.

Siang hari …. Lunch, buat kerja tangan lagi, istirahat sampe jam 5 sore (bobo bok!)

Sore & malam hari ….  mandi, sembahyang, makan malam, nyetrika (gagal karena setrikaannya konslet), buat kerja tangan, mengobrol until midnight dan akhirnya tidur …. malam hari menyeramkan … sepiiiiiiiiiiiii sekali, no light cuma kedengaran suara jangkrik dan anjing mengonggong ……

20 Mar’07 (After Nyepi)

Bangun pagi beresin rumah, cuci muka dan berangkat ke pasar. Ding dong .. pasarnya ternyata masih sepi😦 …. cuma dapet daun ketela, kentang, telur, ikan teri kering, dan sate ikan laut. Sampe di rumah beresin belanjaan (My sister yang masak), Me Nyetrika trus mandi dan berangkat kerja … weks kerja, masih libur kaleeee  tapi ini emang schedule di kantor, masuk kerjanya hari ini tapi dapet ijin telat sejam dari hari biasanya.

Demikianlah sekilas info apa yang Me lakukan dan kerjakan (apa bedanya ya?!) Before and After Nyepi Day …

3 Comments

  1. Yanuar said,

    March 21, 2007 at 2:26 am

    skrinsotnya mana.??

  2. Arie said,

    March 21, 2007 at 5:22 am

    hehehehe skrinsotnya liat MP aja udah di upload koq

  3. mamabhian said,

    March 29, 2007 at 7:31 am

    kekekekeke,

    cibuk amat ampe meler2 gitu…

    tapi kurang holidaynya ya..

    kacian dech kitaaa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: