BUAH MERAH dari PAPUA

Menurut kepercayaan penduduk Suku Dhani di Memberamo, Papua, ribuan tahun yang lalu, nenek moyang mereka turun dari Gunung Pugima ke daerah Wesakpog untuk berkumpul. Gunung Pugima, menurut mereka adalah gunung Jayawijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan Wesakpog adalah sebuah daerah di Lembah Baliem. Setelah berkumpul di Wesakpog, nenek moyang orang Papua ini kemudian melanjutkan perjalanan tanpa membawa bekal dan peralatan sama sekali. Mereka kemudian menyebar ke seluruh penjuru mata angin.

Dalam perjalanan, sebagian dari mereka ada yang berhenti untuk beristirahat dan membuat api. Menurut cerita masyarakat Suku Dhani, di tempat mereka beristirahat tersebut, Sang Pencipta menurunkan peralatan berupa busur dan anak panah, kapak batu, batu api, bermacam-macam tumbuhan, serta binatang piaraan. Tumbuhan yang dimaksud di antaranya ubi dan buah merah. Sementara itu, binatang piaraannya diduga babi. Setelah mematikkan batu api, mereka membakar ubi dan buah merah. Sisa buah merah tersebut kemudian diberikan kepada binatang piaraannya. Di tempat beristirahat dan membuat api itulah mereka kemudian membuat perkampungan dan berkembang menjadi berbagai macam suku seperti sekarang ini.
Sementara itu, sebagian nenek moyang orang Papua terus berjalan melanjutkan perjalanan darat dan sebagian lagi menyeberangi lautan menggunakan rakit. Diduga kuat, mereka yang menyeberangi lautan ini sampai di Benua Australia dan menjadi cikal-bakal Suku Aborigin.
Hingga sekarang, buah merah tetap menjadi makanan sebagian penduduk Pulau Papua, terutama yang bermukim di daerah Pegunungan Jayawijaya. Oleh penduduk, buah merah ini dijadikan campuran makanan sehari-hari. Mereka memeras buah merah setelah membakarnya dengan batu. Sari buah merah hasil perasan ini mereka konsumsi bersama ubi, sayuran, dan bahan makanan lain. Sementara itu, ampas atau pastanya diberikan kepada babi hutan piaraan mereka.

Dalam upacara bakar batu, buah merah pun menjadi elemen pokok. Upacara bakar batu biasanya dilakukan untuk mengumpulkan masyarakat, terutama dalam satu suku, ketika ada suatu acara, seperti pernikahan, hari natal, idul fitri, tahun baru, perayaan panen, menyembah leluhur, kematian, atau untuk mempererat hubungan ikatan keluarga. Hidangan hasil upacara bakar batu tidak lengkap dan kurang nikmat jika tidak menggunakan buah yang masih satu famili dengan tanaman pandan ini.

Deskripsi Tanaman
Tanaman buah merah adalah tanaman yang masih satu famili dengan tanaman pandan. Pandanus conoideus ini di habitat aslinya (Pulau Papua) tumbuh dari dataran rendah dekat pantai sampai dataran tinggi. Bahkan, di lereng pegunungan Jayawijaya diketinggian 2.500 m dpl. tanaman ini bisa ditemukan. Tanaman berkayu ini tumbuh bercabang sampai mempunyai 5 cabang. Daunnya berbentuk pita yang pinggirnya berduri-duri kecil. Tinggi tanaman bisa mencapai 15 meter. Akarnya berbentuk akar udara yang menggantung sampai ketinggian satu meter dari pangkal batang. Tanaman ini berbuah saat berumur tiga tahun sejak ditanam.
Buah merah umumnya berbentuk panjang lonjong atau agak persegi. Panjang buah 30—120 cm. Diameter buah 10—25 cm. Buah ini umumnya berwarna merah, merah kecokelatan, dan ada pula yang berwarna kuning. Kulit buah bagian luar menyerupai buah nangka. Kulit buah ini terdiri dari kumpulan biji yang tersusun di empuluratau hati yang berada di bagian dalam buah. Di Papua, beberapa daerah yang menjadi sentra buah merah adalah daerah-daerah yang berada di sepanjang Iereng pegunungan Jayawijaya. Di antaranya Kelila, Bokondini, Karubaga, Kobakma, Kenyam, dan Pasema.

KANDUNGAN BUAH MERAH
Sampai saat ini senyawa kimia yang terkandung di dalam sari buah merah masih tidak seragam, terutama tokoferol dan betakarotennya. Beberapa sampel sari buah merah yang diteliti menunjukkan kadar kandungan tokoferol dan betakaroten yang berbeda-beda. Jumlah kandungan dua senyawa ini dipengaruhi oleh tempat tumbuh tanaman dan proses pembuatannya. Tokoferol dan betakaroten yang tinggi diperoleh dari buah yang berasal dari tanaman dataran tinggi dan melalui proses pemasakan yang benar. Proses pemasakan dengan pemanasan tinggi dan waktu lama akan menurunkan dua kandungan tersebut. Kandungan senyawa kimia ini juga dipengaruhi oleh jenis buah merah tersebut. Dipedalaman Papua sendiri bisa ditemukan paling sedikit 14 jenis atau varietas tanaman buah merah.

Sampel sari buah merah barugum yang berhasil diteliti oleh Fakultas Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) menunjukkan kandungan senyawa kimia seperti yang tertera di Tabel berikut ini.

Kandungan senyawa kimia

No.
Bahan Kimia
Kandungan
     
1. Tokoferol 511 ppm
2. Alfatokoferol 351 ppm
3. Betakaroten 59,7 ppm
4. Protein 0,27%
5. Kalsium 9,730 mg
6. Besi 17,885mg
7. Fosfor 0,774%
8. Vitamin C 0,088 ug/g
9. Asam Palmitoleat 1091 mg
10. Asam oleat 66057 mg
11. Asam linoleat 5532 mg
12. Asam alfa linolenat 589 mg

Sementara itu, penelitian I Made Budi terhadap buah merah yang dimuat di buku Buah Merah (Penebar Swadaya, 2004) menunjukkan basil seperti di 2 tabel berikut ini.

Kandungan senyawa kimia

No.
Bahan Kimia
Kandungan
     
1. Tokoferol 511 ppm
2. Alfatokoferol 351 ppm
3. Betakaroten 59,7 ppm
4. Protein 0,27%
5. Kalsium 9,730 mg
6. Besi 17,885mg
7. Fosfor 0,774%
8. Vitamin C 0,088 ug/g
9. Asam Palmitoleat 1091 mg
10. Asam oleat 66057 mg
11. Asam linoleat 5532 mg
12. Asam alfa linolenat 589 mg

Kandungan nutrisi per 100 gram buah merah

No.
Bahan Kimia
Kandungan
     
1. Energi 396 kal
2. Protein 3.300 mg
3. Lemak 28.100 mg
4. Serat 20.900 mg
5. Kalsium 54.000 mg
6. Fosfor 30mg
7. Besi 2,44 mg
8. Vitamin B1 0,90 mg
9. Vitamin C 25,70 mg
10 Niasin 1,8 mg
11. Air 34,90 mg

Tokoferol, alfatokoferol, dan betakaroten yang terkandung dalam buah merah dalam proses penyembuhan penyakit berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Ketiga senyawa inilah yang membantu proses penyembuhan penyakit kanker, tumor, dan HIV/AIDS. Senyawa antioksidan ini bekerja menekan dan membunuh sel-sel kanker yang berbahaya.

Tokoferol yang ada di dalam buah merah tersebut adalah vitamin E alami yang bisa mengencerkan darah. Hal ini baik untuk penderita stroke. Salah satu pemicu stroke adalah tekanan darah tinggi dan penyumbatan atau penggumpalan darah di pembuluh darah. Jika tekanan darah meningkat dan terjadi penggumpalan atau penyumbatan di dalam pembuluh darah, pembuluh darah bisa pecah. Pecahnya pembuluh darah ini dinamakan stroke. Tokoferol tersebut akan merribantu mengencerkan darah, mencegah penggumpalan darah, dan memperbaiki sistem kerja jantung, atau menurunkan tekanan darah. Sementara itu, betakaroten di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Vitamin A inilah yang berfungsi membantu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan mata.

Senyawa asam lemak tak jenuh, seperti omega 9, omega 6, dan omega 3 berperan membantu sistem kerja otak. Selain itu, senyawa ini di dalam tubuh juga bisa bekerja sebagai antioksidan. Kalsium dan besi yang ada di dalam buah merah sangat tinggi dan bisa membantu mencegah dan mengobati osteoporosis. Sementara itu, senyawa lainnya, seperti vitamin C dan B hanya sedikit.

KHASIAT BUAH MERAH

A. Kanker dan Tumor
Kanker salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit kanker atau tumor disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal. Kanker ini bisa menyerang bagian tubuh mana pun, seperti rahim, payudara, bahkan otak. Penyakit kanker yang sudah parah bisa menyebabkan kematian.

Kanker salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit kanker atau tumor disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal. Kanker ini bisa menyerang bagian tubuh mana pun, seperti rahim, payudara, bahkan otak. Penyakit kanker yang sudah parah bisa menyebabkan kematian.

Peran buah merah dalam membantu penyembuhan kanker ini karena kandungan tokoferol dan betakarotennya yang relatif tinggi. Kedua senyawa kimia ini bekerja sama sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalantubuh. Sebagai antioksidan, kedua senyawa ini berperan mencegah dan menekan pembiakan sel-sel kanker. Omega 3 yang terkandung di dalam buah merah juga bisa berfungsi memperbaiki jaringan sel yang rusak, sehingga sangat disarankan bagi penderita ca mammae atau kanker payudara.

Pemanfaatan sari buah merah untuk membantu proses penyembuhan kanker sebaiknya dikombinasikan dengan herbal lain, seperti temu putih, temu mangga, dan keladi tikus yang bisa membunuh sel kanker.

Penderita kanker yang sudah membaik biasanya meminum sari buah metah sebanyak satu sendok teh dua kali sehari. Jika sudah meminum sari buah ini, disarankan tidak mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E karena vitamin E yang terkadung dalam sari buah merah sudah tinggi. Kondisi kolesterol juga harus selalu diperiksa, karena beberapa orang yang mengonsumsi sari buah merah kolesterolnya cenderung meningkat. Disarankan pula sebelum mengonsumsi sari buah merah, penderita kanker berkonsultasi dengan dokter dan herbalis yang ahli menangani penyakit kanker.

B. HIV/AIDS
HIV (human immunodeficiency virus) yang menyebabkan AIDS (aquired imunodeficiency syndrome), menyerang tubuh manusia hingga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lemah atau hilang. Karenanya, orang yang terinfeksi HIV dan mempunyai penyakit ikutan, biasanya tidak bisa sembuh karena tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang bisa melawan penyakit. Penyakit ikutan inilah yang menyebabkan kematian penderita AIDS.

Sistem kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS biasanya akan melemah dan jika terserang penyakit lain bisa menemui ajalnya karena sistem kekebalan tubuhnya semakin melemah dan tidak bisa melawan penyakit tersebut. Dalam proses penyembuhan, sari buah merah akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan memecah senyawa protein yang menjadi makanan virus HIV/AIDS. Akibatnya, virus HIV/AIDS tersebut semakin melemah karena tidak memperoleh makanan untuk perkembangbiakannya.

Salah satu senyawa kimia yang ada di dalam sari buah merah adalah tokoferol atau vitamin E dan betakaroten. Tokoferol dan betakaroten inilah yang berfungsi sebagai antioksidan dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang menjadi masalah utama pengidap HIV/AIDS. Kedua senyawa ini juga bisa menangkal radikal bebas. Dengan sistem kekebalan tubuh yang meningkat inilah, pasien pengidap Al DS diharapkan bisa melawan penyakt ikutan yang menyerang. Tokoferol dan betakaroten tersebut akhirnya juga berkombinasi untuk memecah senyawa asam amino yang dibutuhkan oleh HIV, sehingga virus tersebut tidak memperoleh makanan untuk kelangsungan hidupnya. Protein yang tinggi di dalam buah merah juga bisa membantu asupan protein yang diperlukan oleh penderita AIDS. Kombinasi dengan pegagan dan sambiloto juga bisa dilakukan, karena pegagan bisa berfungsi sebagai antivirus dan sambiloto sebagai antibiotik atau antiradang.

Untuk membantu penyembuhan AIDS, buah merah ini sebaiknya dikonsumsi sebagai pendamping dan tidak meninggalkan obat-obatan dari dokter. Minyak buah merah bisa diberikan sebanyak satu sendok teh tiga kali sehari.

C. Darah Tinggi
Penyakit tekanan darah tinggi disebabkan kerja jantung yang berfungsi sebagai pemompa darah tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kerja jantung dalam memompa darah yang terlalu cepat inilah yang dinamakan penyakit tekanan darah tinggi. Salah satu pemicu gejala ini adalah darah kekurangan oksigen dan/atau darah yang terlalu kental. Tekanan darah tinggi yang dibarengi dengan penyempitan pembuluh darah bisa mengakibatkan stroke.

Peran tokoferol alami dalam buah merah inilah yang kemudian bekerja mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal. Disebabkan kekentalan darah dan kandungan oksigen menjadi normal, otomatis tekanan darah menjadi turun atau normal.

D. Asam Urat
Penyakit asam urat terjadi karena fungsi lever tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga lever memproduksi asam urat berlebihan. Asam urat ini kemudian tertampung di dalam ginjal dan menjadi batu, selanjutnya melalui aliran darah dibawa ke tubuh dan mengumpul, terutama di ujung-ujung jari tangan dan kaki.

Peran tokoferol dalam hal membantu penyembuhan asam urat adalah mengencerkan dan memperlancar aliran darah, sehingga memperbaiki sistem kerja lever. Sistem kerja lever yang benar ini kemudian bisa mengurangi produksi asam urat dan memperbaiki daya kerja jantung. Lemak alami yang ada di dalam buah merah juga bisa menghambat keluarnya asam urat yang berlebihan.

Meskipun sudah mengonsumsi sari buah merah, penderita penyakit asam urat harus tetap melakukan diet dengan berpantang makanan yang bisa memicu penyakit asam urat.

E. Stroke
Stroke adalah penyakit yang menyerang otak. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh darah yang membeku dan dibarengi dengan penyempitan pembuluh darah. Penyakit tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu pemicu penyakit ini. Jika tekanan darah meningkat, darah menggumpal, dan terjadi penyempitan pembuluh darah, suplai darah ke otak akan berkurang. Bahkan, pembuluh darah bisa pecah. Penyakit ini bisa mengakibatkan kelumpuhan pada anggota badan, baik kelumpuhan total maupun kelumpuhan sebelah.

Peran buah merah adalah mencegah dan membantu pengobatan serangan stroke. Senyawa kimia yang berperan adalah tokoferol. Tokoferol yang ada dalam buah merah adalah tokoferol alami dan berfungsi mencegah penggumpalan darah dengan mengencerkannya. Efeknya, penggumpalan darah bisa dihindari dan aliran darah ke otak menjadi lancar. Buah merah juga berfungsi untuk memperbaiki sistem kerja jantung. Hingga tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menurun.

Sari buah merah dalam mencegah dan membantu penyembuhan stroke bisa dikonsumsi sebanyak satu sendok teh 2—3 kali sehari. Selain itu, penderita stroke dianjurkan memerhatikan pola makan dengan melakukan diet dan tidak mengonsumsi warfarin.

F. Gangguan pada Mata
Penyakit yang sering menyerang mata, seperti kebutaan sementara dan penyakit rabun, biasanya disebabkan tubuh kekurangan vitamin A. Sementara itu, vitamin A tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Di sinilah peran betakaroten dalam buah merah. Betakaroten yang diserap oleh tubuh kemudian diubah menjadi vitamin A.

G. Herpes
Herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit ini ditandai dengan adanya bintil-bintil berair di bagian kulit yang berasa sangat gatal. Bintil-bintil penyakit ini bisa menyerang seluruh tubuh atau di daerah di sekitar alat kelamin. Saat ini dikenal dua macam penyakit herpes yaitu herpes yang menyerang kulit dan herpes yang menyerang kelamin. Herpes kulit bisa menyerang seluruh bagian permukaan kulit tubuh dan herpes kelamin umumnya menyerang daerah di sekitar alat kelamin manusia. Penyebaran virus ini biasanya lewat hubungan seksual, pakaian, keringat, dan dari lingkungan yang tidak sehat.
Secara empiris, pengidap herpes yang minum sari buah merah dan mengoleskan minyaknya di daerah tubuh yang terkena herpes mengalami kesembuhan. Meskipun demikian, secara ilmiah belum diketahui senyawa apa yang bisa menyembuhkan herpes tersebut.

H. Diabetes Mellitus
Diabetes mellitus sering juga disebut dengan penyakit gula darah. Penyakit ini disebabkan kerja pankreas terganggu, sehingga tidak bisa memproduksi insulin secara cukup. Akibatnya, metabolisme karbohidrat terganggu dan glukosa tidak dapat diolah oleh tubuh, kandungan gula di dalam darah meningkat, kemudian dikeluarkan bersama dengan urine. Gejala penyakit gula darah ini adalah adanya kandungan gula dalam urine, turunnya berat badan, selalu haus dan lapar, dan buang air kecil secara terus-menerus.

Pengobatan secara medis untuk penyakit ini adalah dengan menyuntikkan insulin secara teratur. Di samping itu, penderita perlu juga melakukan diet ketat dan mengatur pola makan. Proses penyembuhan diabetes ini bisa dibantu dengan cara mengonsumsi minyak buah merah karena vitamin E alami atau tokoferol yang dikandungnya. Tokoferol dalam buah merah ini akan memperbaiki kerja pankreas, sehingga fungsiny,ja untuk mensekresi insulin menjadi sempurna. Agar lebih memaksimalkan daya kerja minyak buah merah, penderita diabetes mellitus dianjurkan melakukan diet dengan berpantang makanan yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit diabetes mellitus.

I. Osteoporosis
Osteoporosis atau pengeroposan tulang biasanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut, terutama kaum perempuan. Penyebab os­teoporosis adalah tubuh kekurangan kalsium, sehingga tubuh mengambil kalsium dari tulang dan menyebabkan tulang menjadi keropos.

Kemampuan buah merah mencegah dan membantu penyembuhan osteoporosis disebabkan sari buah ini mengandung kalsium yang tinggi. Dalam setiap 100 gram buah merah segar terkandung 54.000 mg kalsium. Mencegah dan membantu penyembuhan osteoporosis bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah merah dalam bentuk pasta, buah merah segar, dan minyak buah merah.

J. Ambeien
Ambeien, wasir, atau puru sering juga disebut dengan haemoroid. Penyakit ini disebabkan terjadi pembengkakan di ujung saluran pelepasan atau dubur. Orang yang terserang ambeien di bagian duburnya akan terasa panas dan sakit. Perasaan tersiksa ini akan terjadi terutama setelah mengonsumsi makanan pedas atau saat buang air besar (BAB). Pada kasus ambeien yang parah, kadang-kadang kelenjar dubur bisa sampai nongol keluar. Ambeien yang demikian ini oleh dokter biasanya akan dioperasi.

Sampai sekarang banyak sekali penderita ambeien yang sudah sembuh setelah mengonsumsi sari buah merah dalam hitungan minggu. Meskipun demikian, belum ada keterangan dari kalangan medis tentang khasiat sari buah merah dalam menyembuhkan ambeien.

K. Lupus
Menurut survei yang dilakukan, sampai saat ini paling tidak ada 5.000 orang yang meninggal akibat penyakit lupus. Penyakit ini bisa diketahui dengan adanya bercak­bercak berbentuk kupu berwarna merah seperti luka bekas cakaran atau gigitan. Penyakit ini adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem kekebalan tubuh dari dalam dan tidak mampu mengenali jaringan tubuhnya sendiri. Sistem kekebalan tubuh penderita lupus biasanya menjadi liar dan menyerang diri sendiri. Lupus yang sudah gawat bisa menyebabkan serangan pada sendi, kulit, ginjal, hati, paru-paru, pembuluh darah, dan otak. Biasanya penyakit ini juga dibarengi dengan nafsu makan dan berat badan turun, serta rambut rontok.

Penyakit lupus ada dua jenis, yakni discoid lupus erythematosus (DLE) dan systemic lupus erythe­matosus (SLE). Lupus jenis DLE hanya menyerang kulit. Lupus SLE lebih berbahaya daripada lupus DLE karena menyerang organ tubuh bagian dalam dan sangat berbahaya. Jika penyakit lupus menyerang ibu hamil bisa mengakibatkan keguguran. Penderita lupus biasanya akan bertambah berat penderitaannya jika sering terkena sinar matahari secara langsung. Sampai sekarang belum diketahui secara pasti penyebab penyakit ini.

Peran buah merah dalam membantu penyembuhan penyakit lupus adalah meningkatkan stamina tubuh penderita. Buah merah dalam penyembuhan penyakit ini berfungsi juga sebagai antioksidan. Sari buah merah yang dikonsumsi diharapkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga stamina penderita kuat dan mampu melawan penyakitnya sendiri. Sampai sekarang beberapa penderita lupus yang mengonsumsi sari buah merah sudah menunjukkan perkembangan yang positif.

L. Meningkatkan Libido atau Aprodisiak
Secara testimonial sari buah merah banyak membantu meningkatkan libido seksual kaum laki-laki. Namun, dari percobaan yang dilakukan terhadap 10 orang laki-laki berbagai tingkatan umur, pengaruhnya berbeda-beda, tergantung pada kondisi fisiknya. Ada yang bereaksi 15 menit setelah meminumnya, ada yang satu jam atau dua jam, dan ada juga yang tidak bereaksi sama sekali.

Vitamin E dalam jumlah tinggi pada buah merah tersebut bisa membantu meningkatkan produksi sperma, terutama bagi laki-laki yang produksi spermanya kurang. Kombinasi antara vitamin E tinggi dan jumlah energi yang mencapai 360 kalori dalam buah segar inilah yang diduga bisa berperan sebagai aprodisiak.

M. Membantu Meningkatkan Kecerdasan
Salah satu cara membantu meningkatkan kecerdasan otak manusia adalah dengan merangsang pertumbuhan otak bayi sejak dalam kandungan dan dalam masa pertumbuhan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi asam esensial berupa omega 3 dan omega 6. Keduanya harus dikonsumsi bersama-sama agar daya kerjanya efektif. Senyawa omega 3 dan omega 6 tersebut terdapat dalam buah merah sebanyak 7,8% dan 8,8%. Kedua omega ini bisa merangsang daya kerja otak yang berlanjut meningkatkan daya kecerdasan otak.

Minyak buah merah untuk meningkatkan daya kerja otak ini bisa dikonsumsi dalam bentuk minyak atau dipakai sebagai minyak goreng saat menumis atau memasak makanan. Sementara itu, anak-anak dianjurkan mengonsumsi sebanyak satu sendok teh sekali sehari.

diambil dari http://www.morinda-house.com

28 Comments

  1. November 15, 2006 at 3:29 am

    saya tertarik dengan kahisat buah merah tersebut, apalagi saya penderita lupus SLE yang mana sampai sekarang belom ada obatnya hanya bisa mencegah sakit dengan mengkonsumsi obat-obat dari dokter.
    saya ingin mencoba kasiat dari buah merah tersebut, untuk itu saya moon petunjuk buah merah untuk penyakit lupus SLE yang menyarang saya.
    atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

  2. arie said,

    November 15, 2006 at 6:22 am

    Halo Nove … makasi ya udh mampir ke blog ini

    Sebenarnya arie sendiri belum pernah merasakan khasiat Buah merah ini, tetapi taon lalu Ibunya bossku kena penyakit kanker, kemudia dia menggunakan Minyak Buah Merah (Red Papua Oil) sebagai salah satu alternatif. sekarang sich kata bossku kesehatannya sudah membaik .Cuma yang arie nggak tau pasti apakah red papua tersebut yang dominan menyembuhkan ataukah terapi yg dilakukan oleh ibunya bossku.

    Kalo Nova mau mencobanya silahkan (tapi arie bukan yang jualan loh ya) …. disini harganya itu satu botol Rp. 185.000 itu di apotek (tapi bukan Kimia Farma) kalo di Kimia farma berapa ya kira kira 200 an kayaknya, bossku sich sekarang masih tetep mengirim Red papua oil itu ke Korea untuk Ibunya.

    untuk efek samping dan lainnya arie belum tau pasti …. artikel diatas juga arie dapetd ari sebuah website yang sudah arie cantumkan diatas.

    Ya mudah-mudahan saja penyakit yang Nova alami sekarang bisa sembuh atau paling tidak bisa mengurangi apa yg sudah dialami sekarang .

  3. nanda said,

    April 18, 2007 at 2:20 pm

    Ih..mau donk buah merahnya,alnnya aku kena darah tinggi karena stress berat..Padahal umur aq tuh masih 20.Yang tahu alamat dimana aku bisa beli buah merah domisili medan,kasi tahu aku ya ke 081933235445..Thanx b4.

    -Nanda-

  4. Arie said,

    April 19, 2007 at 1:20 am

    udah coba cari di Apotek Kimia Farma ?????

  5. nanay said,

    April 24, 2007 at 9:08 am

    hmm makasih udah maen ke blognya nanay ..salam kenal

  6. Arie said,

    April 24, 2007 at 9:13 am

    makasih juga mbak udah mampir …

  7. furkon said,

    May 24, 2007 at 9:12 am

    Bagaimana cara mendapatkannya?

  8. Arie said,

    May 26, 2007 at 4:06 am

    kalo disini bisa dibeli di apotek Kimia Farma dan Apotek Adi Guna, ada yang dalam bentuk kapsul ada juga yg minyaknya … tks for passing by ^ _ ^

  9. abu fathurrahman said,

    June 11, 2007 at 2:35 am

    untuknya nanda said ,saya punya stok buah merah,100 ml,merk Wamena,per botol Rp 75.000.Silakan hubungi di 08126283195

  10. Yani said,

    July 11, 2007 at 6:21 am

    Saya perlu sekali minyak obat merah atou liquid atou apa saja yang berasal dari buah merah Papua itu. Tolong hubungi ke E-mail saya untuk alamat lengkapnya. Terimakasih…
    holmusaf@yahoo.com

  11. Diana said,

    July 17, 2007 at 5:02 am

    Hmmmmmm, buah merah itu menurut saya cuma marketing dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang memberikan harapan palsu demi mengeruk duit. Sampai sekarang ini masih belum ada publikasi hasil penelitian mengenai khasiat buah merah. Penelitian-penelitian yang dilakukan ilmuwan Indonesia masih sama sekali belum memadai.

    Tokoferol itu sebetulnya tidak lain dari vitamin E yang disamarkan dengan istilah supaya terdengar “keren”. Dan dari kandungan lainnya, tidak jelas bagaimana buah merah dapat mengatasi penyakit AIDS.

    Perlu diketahui bahwa rumor mengenai khasiat buah merah menyembuhkan AIDS muncul setelah dr. I Made Budi berhasil menyelamatkan nama seorang wanita penderita AIDS bernama Agustina Sawery. Namun, satu hal yang tidak diketahui banyak orang, adalah bahwa Agustina Sawery sudah meninggal 2 tahun yang lalu, tidak lama setelah buah merah mengalami booming.

    Mengenai penyakit lainnya seperti kanker dan tumor. Buah merah dapat mengatasi penyakit-penyakit itu tak lebih karena kandungan anti-oksidan dan vitamin E (tokoferol) yang bisa didapat dari suplemen-suplemen generik.

  12. hartono said,

    July 30, 2007 at 8:28 am

    hi,
    aq gi bingung nich, bisa minta tlg cariinq data n penelitian tentang sari buah merah terhadap ternak (khususnya ternak itik) cosq gi skripsi gunain bahan tu,aq dah coba browsing n katanya penemu pertama khasiat buah merah tu (I made budi pernah meneliti tuk itik, bisa g q dicariin situsnya I Made Budi ato mungkin artikel/jurnal penelitiannya?usahain scptnya ya, thanks

  13. arie said,

    July 30, 2007 at 8:38 am

    Mas Hartono coba baca disini http://redfruitoil.com/penelitian-buah-merah-papua.htm

  14. Ria said,

    September 21, 2007 at 1:16 am

    waaah, buah merah tu emang obat herbat yang paling mantap deh pokoknya..
    ni aq lagi buat usulan proposal penelitian ttg buah merah ..
    doakan saya y spy diterima..
    hidup buah merah!!!
    heheheheh…
    ^_^

  15. dedew said,

    November 17, 2007 at 7:13 am

    luar biasa banget ada buah merah…coba dr dulu….btw rasanya gmn ya ntu………………….

  16. putri said,

    November 21, 2007 at 4:16 pm

    adik saya didiagnosa penyakit lupus (SLE).Yang mau saya tanyakan :
    1. Bagaimana mengolah Buah Merah ?
    2. Bagaimana aturan minum buat penderita lupus (SLE) ?
    Saya harap solusi ini dapat terselesaikan dengan cepat. Terima kasih

  17. nien said,

    December 24, 2007 at 1:06 pm

    bisa tolongin aku ga? minta jurnal uji klinik buah merah ato uji aktivitasnya terhadap hewan uji…

  18. JOSEPHINE said,

    May 9, 2008 at 3:26 am

    Anak saya umur 18th didiagnosa penyakit lupus (SLE). Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara minum buah merah ini (dosisnya) dan buah merah yang bagaimana yang bisa berkhasiat? Pil atau minyak? Bagaimana cara mendapatkannya?

    Mohon bantuan untuk merespon dengan cepat. TErima kasih.

  19. Arie said,

    May 9, 2008 at 3:33 am

    Mbak Jose, buah merah ada yang pil dan ada yang minyak. dua duanya memiliki khasiat yang sama. BUah merah dalam bentuk minyak bisa bikin enek karena rasa dan minyaknya. cara minumnya sudah ada di bungkus obatnya.

    Buah merah ini biasanya di jual di Apotek Mbak. sudah dalam bentuk minyak dan kapsul.

    Saya sendiri belum tau pasti apakah benar benar berfungsi dalam pengobatan penyakit lupus ini atau tidak.

  20. JOSEPHINE said,

    May 9, 2008 at 3:41 am

    Thanks a lot mas Arie

  21. Arie said,

    May 9, 2008 at 3:42 am

    Sama sama .. eh Mbak aku cewe lohhh hehehehehe

  22. Yulia said,

    September 10, 2008 at 3:06 am

    Saya perlu buah merah dari papua bagaimana saya mendapatkan nya. sedangkan saya berdomisili di kepulauan Riau. Mohon bantuannya segera ! Terima kasih.

  23. Arie said,

    September 12, 2008 at 8:17 am

    # Mbak Yulia : waduh MBak kalo dari papuanya nggak ngerti akyu. Tapi kalo di Bali sini udah dijual di Apotek … coba Mbak cek dulu di Apotek apotek :) maap

  24. February 1, 2009 at 11:05 am

    pas bulan nopember 2008 lalu saya k wamena. trus smpet k pasar bwt bli sari buah merah. tp br tadi (1 feb 09) sy buka dan saya minum. g lama, kerongkongan saya terasa panas dan gimana gt, pokoknya jd berasa pengen berdehem terus.. kyk gt normal g c?

  25. umar said,

    January 17, 2010 at 8:57 am

    Kaka ada di Wamena Papua, bila ada yg membutuhkan SARI BUAH MERAH & SARANG SEMUT tlp 081280396464 mudah2 an sy dapat bantu.

  26. Dara said,

    June 28, 2014 at 7:20 am

    gan, untuk wasir / ambeien, gimana cara pengolahan produknya biar ampuh dan efektif?

  27. September 5, 2014 at 2:57 pm

    Wonderful beat ! I would like to apprentice at
    the same time as you amend your web site, how could i subscribe for a weblog site?
    The account aided me a appropriate deal. I were tiny bit acquainted of this your
    broadcast offered vivid transparent idea

  28. September 25, 2014 at 7:36 pm

    What i don’t understood is in reality how you are no longer actually a
    lot more well-liked than you might be right now.
    You are very intelligent. You already know thus considerably with regards to this
    topic, produced me individually consider it from a lot of
    varied angles. Its like women and men don’t seem to be involved until it’s something to do with
    Lady gaga! Your personal stuffs nice. All the time maintain it up!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: